Selasa, 03 Juli 2012

sejarah administrasi pendidikan


SEJARAH SINGKAT
Administrasi pendidikan dalam sejarahnya cukup panjang dimulai dengan diberikannya Educational Administration Course yang hanya diberikan pada tingkat Sarjana pada PTPG Departemen Ilmu Pendidikan di tahun 954. Saat PTPG bergabung dengan UNPAD dan menjadi FKIP/A, Educational Administration Course mendapat kemajuan pesat berkat kegigihan Prof. Suganda dan Oteng Sutisna, M.Sc yang dibantu Prof.Dr.Murray Thomas sebagai tenaga ahli dari Sunny Team.
Sebagai sebuah jurusan, administrasi pendidikan dimulai di tahun 1964 dengan nama jurusan administrasi dan super visi yang disingkat ADSUP dalam lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Bandung. Kelahiran ADSUP dipicu atas munculnya tuntutan terhadap kebutuhan akan tenaga ahli di bidang manjemen dan administrasi pendidikan serta tuntutan kebutuhan guru bagi SPG/SGO. Sejak saat itu diadakan penjurusan yang menyeluruh (dari tingkat satu sampai lima) dan jurusan ADSUP IKIP Bandung ini dibuka secara resmi melalui Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Republik Indonesia, No.128/1964 tertanggal 19 Oktober 1964. Beberapa tokoh lain yang ikut membina sub disiplin ilmu Administrasi dan Supervisi ini adalah  Oteng Sutisna, M.Sc; R. Iyeng Wiraputra, M.Sc; Drs. Udi Turmudi Saputra dan Drs.M.I Sulaeman.
Titik balik penyadaran akan eksistensi ilmu administrasi pendidikan sebagai body of knowledge, dimulai saat rapat dosen di bulan Juni 98 yang menyepakati perubahan nama Administrasi  Supervisi (ADSUP) menjadi jurusan Administrasi Pendidikan. Nama Jurusan tersebut digunakan sampai saat ini di tengah-tengah tuntutan sebagian orang yang menginginkan perubahan nama menjadi “Manajemen Pendidikan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar